Portal Live Streaming
Jogja Siaga Bencana
 
FOTO BAKSOS BANTUAN AIR BERSIH DI WILAYAH KEC
FOTO BAKSOS BANTUAN AIR BERSIH DI WILAYAH KEC
FOTO BAKSOS BANTUAN AIR BERSIH DI WILAYAH KEC
FOTO BAKSOS BANTUAN AIR BERSIH DI WILAYAH KEC
FOTO BUBER JRKY 2012 (1)
FOTO BUBER JRKY 2012 (2)
FOTO BUBER JRKY 2012 (3)
FOTO BUBER JRKY 2012 (4)
FOTO BUBER JRKY 2012 (5)
FOTO BUBER JRKY 2012 (6)
FOTO KEGIATAN JRKY DI KONGRES II JRKI (1)
FOTO KEGIATAN JRKY DI KONGRES II JRKI (2)
FOTO KEGIATAN JRKY DI KONGRES II JRKI (3)
FOTO KEGIATAN JRKY DI KONGRES II JRKI (4)
FOTO KEGIATAN JRKY DI KONGRES II JRKI (5)
FOTO KEGIATAN JRKY DI KONGRES II JRKI (6)
FOTO KONSOLIDASI RAKOM JRKY (1)
FOTO KONSOLIDASI RAKOM JRKY (10)
FOTO KONSOLIDASI RAKOM JRKY (2)
FOTO KONSOLIDASI RAKOM JRKY (3)
FOTO KONSOLIDASI RAKOM JRKY (4)
FOTO KONSOLIDASI RAKOM JRKY (5)
FOTO KONSOLIDASI RAKOM JRKY (6)
FOTO KONSOLIDASI RAKOM JRKY (7)
FOTO KONSOLIDASI RAKOM JRKY (8)
FOTO KONSOLIDASI RAKOM JRKY (9)
FOTO PRA DAN KONSOLIDASI RAKOM (1)
FOTO PRA DAN KONSOLIDASI RAKOM (2)
FOTO PRA DAN KONSOLIDASI RAKOM (3)
FOTO PRA DAN KONSOLIDASI RAKOM (6)
Foto Kegiatan Baksos JRKY, Sabtu -8 Okt 2011 (1)
Foto Kegiatan Baksos JRKY, Sabtu -8 Okt 2011 (2)
Foto Kegiatan Baksos JRKY, Sabtu -8 Okt 2011 (3)
Ibu Nunuk Parwati (MMTC-JRKY)
Ketua JRKY menandatangani MoU
Ketua JRKY bersama Ibu Nunuk parwati
Ketua Yay Damandiri menandatangani Mou
Pengurus JRK foto bersama di Hotel Santika
Peserta utusan dari JRKY di Malang Jatim
foto bersama setelah menandatangani Mou
**************************************************************************************************

15 Tahun JRKY Berkiprah

Jaringan Radio Komunitas Yogyakarta yang lahir pada 6 Mei 2002, pada Sabtu (6/5) merayakan Hari Jadinya yang ke 15. Bertempat di Museum Perjuangan Bibis di Desa Bangunjiwo Kasihan Bantul Yogyakarta. Acara yang mengambil tema “ Menjalin Tali Silaturahmi antara Radio Komunitas Dalam Melihat Tantangan Ke Depan” menjadi tonggak awal keberadaan radio komunitas sebagai media pemberdayaan warga yang harus di optimalkan perannya.

Menurut Ketua Panitia Penyelenggara HUT JRKY Ke 15 Totok Praminto yang juga sebagai Dewan Anggota mengatakan, bahwa kenapa hari jadi JRKY untuk tahun ini di tempatkan di Museum Perjuangan Bibis adalah untuk mengembalikan ingatan kita pada sejarah perjuangan, bahwa Indonesia masih di akui dunia berkat serangan umum yang disusun di tempat ini. Maka hari ini kita kembali mengingat sejarah, walaupun kondisi museum bibis saat ini sangat memprihatinkan dan kurang terawat.  Acara yang di kemas dengan Silaturahmi Radio Komunitas Se Daerah Istimewa Yogyakarta ini, selain di hadiri oleh mitra JRKY, radio komunitas anggota, tokoh masyarakat  dan  radio komunitas lain.

Dalam sambutannya, Ketua JRKY Mardiyono menjelaskan bahwa JRKY lahir dari solidaritas pegiat dan aktivis radio komunitas. Sebagai wadah radio komunitas, JRKY berfungsi dan punya peran fasilitasi, mediasi dan advokasi. Tantangan kedepan baik JRKY maupun radio komunitas akan semakin berat. Saat radio komunitas mendapatkan IPP Prinsip sebagai yarat legalitas, maka masih banyak tahapan yang harus dilalui sebelum ISR dan IPP tetap di dapatkan. Masalah pembiayan dan operasional bagi radio komunitas menjadi kendala utama. Sebagai media sosial, radio komunitas sudah di batasi jarak siar, tidak boleh iklan dan izin yang lama dan sulit. Belum lagi saat melakukan sertifikasi dan membayar BHPF setiap tahun yang nilainya cukup memberatkan. Inilah yang harus dilakukan JRKY kedepan, agar radio komunitas mendapat perhatian dari Pemerintah Daerah untuk bisa di fasilitasi. Lebih lanjut Ketua JRKY mengatakan “Adanya Perda Penyiaran di DIY merupakan salah satu keuntungan bagi pengelola radio komunitas. Di Perda no.13 Tahun 2016 tentang penyiaran pada pasal 12 ayat 3, pasal 14 ayat 4, pasal 18 ayat 2 dan pasal 20 ayat 2 mendorong lahirnya pergub penyiaran yang terkait fasilitasi, sangsi dan penghargaan. JRKY berharap, pergub sebagai cantolan utama untuk dapat mengalokasikan anggaran untuk keberlangsungan radio komunitas di DIY” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama perwakilan Dishubkominfo I Made Arsana menjelaskan bahwa radio komunitas yang berbasis di desa atau kumpulan masyarakat adalah ujung penting dalam menyebarkan informasi bagi masyarakat di akar rumput. Radio komunitas harus di berdayakan dengan fasilitasi yang memadai agar siarannya menjadi lebih baik . Sebelum ada Perda Penyiaran, peran Pemda belum bisa bergerak leluasa dalam mendukung keberadaan Lembag Penyairan Komunitas (LPK). Lahirnya perda ini, maka peran pemda lewat diskominfo di harapkan lebih baik dalam membina dan memberi penghargaan pada Lembaga Penyiaran baik radio, televisi dan berlangganan”. Jelasnya dalam sambutannya kemarin. Acara yang dikemas sederhana tapi bermakna ini,  pada acara inti Silaturahmi Radio Komunitas se DIY kali ini, seluruh mitra, radio komunitas dan tokoh masyarakat juga ikut urun rembuk dan menyampaikan berbagai keluhan dan permasalahan masing-masing.

 

Hal ini seperti diungkapkan dari Ketua Radio Komunitas Karisma Suprihono mengatakan bahwa keberadaan radio komunitas karisma sebagai media masyarakat yang lahir dari kepedulian pemerintah desa Banyuraden. Tidak bisa dipungkiri keberadaan PKBM sebagai cikal bakal tapi untuk mendukung operasional radio, Desa juga ikut andil. Lebih lanjut Pak Pri menjelaskan “Lewat rakom Karisma ada program pemasangan radio disetiap pos kamling se desa Banyuraden dengan harapan sebagai media penyebar informasi bagi warga masyarakat” imbuhnya. Perwakilan rakom kampus Ramada UAD, MMTC. Kemudian Rakom IMTAK Kasihan, Rakom Binangun Kulonprogo, juga rakom Pendopo Nusantara Gunungkidul. Dari tokoh masyarakat dan wartawan fakta Gigin W Utomo juga ikut berbicara. Selain acara diskusi ada juga pemotongan kue HUT ke 15 JRKY tahun 2017 yang dilakukan oleh Totok Praminto yang diberikan kepada perwakilan Diskominfo, PRSSNI, BKKBN  dan JRKY.* (mdn)

 
Badan Hukum JRKY
Pendapat anda tentang Badan Hukum untuk Jaringan Radio Komunitas Yogyakarta (JRKY)
 
Who's Online
We have 101 guests online
Diskusi
___________________________ Obrolan/Diskusi seputar Perkembangan/Kemajuan Rakom. Komentar yang melanggar norma etika, kesusilaan, menyinggung SARA, menimbulkan konfrontasi,dll akan DIHAPUS

LINK Situs Iklan akan DIHAPUS

Pengunjung
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday12506
mod_vvisit_counterYesterday11623
mod_vvisit_counterThis week32001
mod_vvisit_counterLast week49341
mod_vvisit_counterThis month135022
mod_vvisit_counterLast month193574
mod_vvisit_counterAll days3038452

We have: 57 guests, 44 bots online
Your IP: 54.162.220.219
 , 
Today: Jul 27, 2017
Yogyakarta Tempo dl
image