Portal Live Streaming
Berita KPK
Jogja Siaga Bencana
 
FOTO BAKSOS BANTUAN AIR BERSIH DI WILAYAH KEC
FOTO BAKSOS BANTUAN AIR BERSIH DI WILAYAH KEC
FOTO BAKSOS BANTUAN AIR BERSIH DI WILAYAH KEC
FOTO BAKSOS BANTUAN AIR BERSIH DI WILAYAH KEC
FOTO BUBER JRKY 2012 (1)
FOTO BUBER JRKY 2012 (2)
FOTO BUBER JRKY 2012 (3)
FOTO BUBER JRKY 2012 (4)
FOTO BUBER JRKY 2012 (5)
FOTO BUBER JRKY 2012 (6)
FOTO KEGIATAN JRKY DI KONGRES II JRKI (1)
FOTO KEGIATAN JRKY DI KONGRES II JRKI (2)
FOTO KEGIATAN JRKY DI KONGRES II JRKI (3)
FOTO KEGIATAN JRKY DI KONGRES II JRKI (4)
FOTO KEGIATAN JRKY DI KONGRES II JRKI (5)
FOTO KEGIATAN JRKY DI KONGRES II JRKI (6)
FOTO KONSOLIDASI RAKOM JRKY (1)
FOTO KONSOLIDASI RAKOM JRKY (10)
FOTO KONSOLIDASI RAKOM JRKY (2)
FOTO KONSOLIDASI RAKOM JRKY (3)
FOTO KONSOLIDASI RAKOM JRKY (4)
FOTO KONSOLIDASI RAKOM JRKY (5)
FOTO KONSOLIDASI RAKOM JRKY (6)
FOTO KONSOLIDASI RAKOM JRKY (7)
FOTO KONSOLIDASI RAKOM JRKY (8)
FOTO KONSOLIDASI RAKOM JRKY (9)
FOTO PRA DAN KONSOLIDASI RAKOM (1)
FOTO PRA DAN KONSOLIDASI RAKOM (2)
FOTO PRA DAN KONSOLIDASI RAKOM (3)
FOTO PRA DAN KONSOLIDASI RAKOM (6)
Foto Kegiatan Baksos JRKY, Sabtu -8 Okt 2011 (1)
Foto Kegiatan Baksos JRKY, Sabtu -8 Okt 2011 (2)
Foto Kegiatan Baksos JRKY, Sabtu -8 Okt 2011 (3)
Ibu Nunuk Parwati (MMTC-JRKY)
Ketua JRKY menandatangani MoU
Ketua JRKY bersama Ibu Nunuk parwati
Ketua Yay Damandiri menandatangani Mou
Pengurus JRK foto bersama di Hotel Santika
Peserta utusan dari JRKY di Malang Jatim
foto bersama setelah menandatangani Mou
**************************************************************************************************

Divisi Litbang dan IT JRKY Siap Bantu Ukur Titik Orbit Rakom

Permasalahan keberadaan frekwensi radio komunitas di kanal 202,203 dan 204 yang berada di 107.7, 107.8 dan 107.9 sangat rentan dan beresiko mengganggu jalur navigasi penerbangan bila exiciter yang di rakit tidak aman, kemungkinan bocor sangat besar. Hal tersebut yang melatarbelakangi upaya divisi Pelatihan  Pengembangan dan IT JRKY untuk berusaha membantu menggukur  keberadaan frekwensi  radio komunitas yang saat ini di tempati menggaggu atau tidak. Pada frekwensi 108 Mhz sampai 135 Mhz yang merupakan wilayah komunikasi navigasi penerbangan.

 

Menurut Koordinator Divisi Pelatihan Pengembangan dan IT  JRKY Yudi Noor Astanto yang juga selaku penanggungjawab serta pengelola radio Swaragodean ini menyatakan bahwa permasalah yang di alaminya sendiri bahwa radio swaragodean juga pernah mengganggu jalur navigasi sehingga Balai Monitoring (Balmon) DIY pernah datang ke Radio Swago untuk menlakukan pengecekan. Di sadarinya bahwa waktu itu pemancarnya memang sedang krodit dan rusak serta di perbaiki dengan ala kadarnya yang penting bisa siaran, namun ternyata frekwensi yang di tempatinya di 107.9 Mhz merembet dan masuk di jalur navigasi penerbangan. “Ini yang membuat saya prihatin terhadap radio yang saya kelola, selain itu saya mengambil hikmah bahwa Balmon memberikan pembelajaran, untuk itu saya memesan alat SDR ini yang fungsinya bisa melihat lebar bandwith saat frekwensi di beri modulasi dan sampai kemana frekwensi ini bisa masuk di wilayah rawan navigasi sehingga bisa segera dilakukan pencegahan dan perbaikan” jelasnya di sekretariat JRKY  Jum`at (10/1).

Upaya yang dilakukan divisi litbang dan IT JRKY di lakukan sebagai bagian dari fungsi organisasi dalam memfasilitasi dan membantu permasalahan yang dialami setiap rakom terkait dengan penggunaan frekwensi yang rawan atas gangguan navigasi penerbangan. Tidak di bisa di pungkiri bahwa penempatan kanal yang mepet dengan jalur penerbangan ini di rasa sangat politis dan memojokkan keberdaan rakom yang ujungnya sebagai lembaga penyiaran yang asal-asalan.

Kasus seperti yang dialami oleh radio BBM FM di kawasan Minomartani ini, radio yang sudah lama bersiaran di 107.9 sajian acaranya yang berbasis budaya ini sudah dua kali diperingatkan dan di datangi Balmon  karena frekwensi radionya mengganggu navigasi penerbangan. Menurut Sri Kuncoro selaku Kepala Radio BBM FM, upaya perbaikan sudah dilakukan semaksimal mungkin, namun karena ketiadaan sarana pendukung alat yang bisa memantau larinya frekwensi, apakah saat bersiaran itu frekwensinya mengganggu penerbangan baru tahu setelah di hubungi pihak balmon. “Kami sudah dua kali di peringatkan dan di datangi Balmon. Pihak balmon minta untuk antene dan pemancarnya untuk di set ulang sebelum siaran lagi, karena pihak bandara mendapat laporan dari pilot kalau komunikasinya bercampur dengan musik campursari” terangnya di studia BBM beberapa waktu yang lalu. Sudah jelas bahwa persoalan ini juga pasti akan di hadapi oleh radio komunitas yang lain.

Lain BBM lain pula dengan Rakom Love Jogja. Radio komunitas di wilayah Mrican Demangan Depok Sleman ini pernah mengudara di frekwensi 108 Mhz. entah dari mana asalnya kenapa rakom ini memilih di frekwensi 108 Mhz padahal kanal yang terakhir ada di 204 atau 107.9 Mhz. Rakom Love Jogja juga pernah di peringatkan oleh balmon karena menggunakan kanal yang sangat riskan mengganggu penerbangan. Menurut Pak Samuel  bahwa kenapa mereka menggunakan frekwensi 108 karena atas rekomendasi Balmon.

 

Tentunya ini juga akan sangat membingungkan, satu sisi di berikan rekomendasi maka sisi berikutnya di peringatkan. Surat peringat ke dua yang dilayangkan oleh Balmon pada tanggal 19 September 2012 memberikan peringatan bahwa frekwensi 108 Mhz berdasarkan alokasi frekwensi Indonesia adalah diperuntukkan  untuk frekwensi penerbangan. “Isi surat sangat jelas dan penting, maka kami dari radio komunitas Love Jogja segera berkordinasi untuk pindah frekwensi di 107,7 saat itu juga” terangnya di studio Love Jogja. Pak Sam lebih akrab di panggil begitu, selain aktiv sebagai pengelola rakom, rumah beliau juga dijadikan sebagai penampungan anak yang tidak di kehendaki oleh orang tuanya. Pak Sam ini juga aktiv di LSM Victoria yang bergerak di penanggulangan HIV/AIDS. (kt1)

Last Updated (Monday, 13 January 2014 08:50)

 
Badan Hukum JRKY
Pendapat anda tentang Badan Hukum untuk Jaringan Radio Komunitas Yogyakarta (JRKY)
 
Who's Online
We have 50 guests online
Diskusi
___________________________ Obrolan/Diskusi seputar Perkembangan/Kemajuan Rakom. Komentar yang melanggar norma etika, kesusilaan, menyinggung SARA, menimbulkan konfrontasi,dll akan DIHAPUS

LINK Situs Iklan akan DIHAPUS

Pengunjung
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday3935
mod_vvisit_counterYesterday5818
mod_vvisit_counterThis week48180
mod_vvisit_counterLast week18652
mod_vvisit_counterThis month68217
mod_vvisit_counterLast month78577
mod_vvisit_counterAll days3549589

We have: 50 guests online
Your IP: 54.227.51.103
 , 
Today: Dec 16, 2017
Yogyakarta Tempo dl
image