Portal Live Streaming
Berita KPK
Jogja Siaga Bencana
 
FOTO BAKSOS BANTUAN AIR BERSIH DI WILAYAH KEC
FOTO BAKSOS BANTUAN AIR BERSIH DI WILAYAH KEC
FOTO BAKSOS BANTUAN AIR BERSIH DI WILAYAH KEC
FOTO BAKSOS BANTUAN AIR BERSIH DI WILAYAH KEC
FOTO BUBER JRKY 2012 (1)
FOTO BUBER JRKY 2012 (2)
FOTO BUBER JRKY 2012 (3)
FOTO BUBER JRKY 2012 (4)
FOTO BUBER JRKY 2012 (5)
FOTO BUBER JRKY 2012 (6)
FOTO KEGIATAN JRKY DI KONGRES II JRKI (1)
FOTO KEGIATAN JRKY DI KONGRES II JRKI (2)
FOTO KEGIATAN JRKY DI KONGRES II JRKI (3)
FOTO KEGIATAN JRKY DI KONGRES II JRKI (4)
FOTO KEGIATAN JRKY DI KONGRES II JRKI (5)
FOTO KEGIATAN JRKY DI KONGRES II JRKI (6)
FOTO KONSOLIDASI RAKOM JRKY (1)
FOTO KONSOLIDASI RAKOM JRKY (10)
FOTO KONSOLIDASI RAKOM JRKY (2)
FOTO KONSOLIDASI RAKOM JRKY (3)
FOTO KONSOLIDASI RAKOM JRKY (4)
FOTO KONSOLIDASI RAKOM JRKY (5)
FOTO KONSOLIDASI RAKOM JRKY (6)
FOTO KONSOLIDASI RAKOM JRKY (7)
FOTO KONSOLIDASI RAKOM JRKY (8)
FOTO KONSOLIDASI RAKOM JRKY (9)
FOTO PRA DAN KONSOLIDASI RAKOM (1)
FOTO PRA DAN KONSOLIDASI RAKOM (2)
FOTO PRA DAN KONSOLIDASI RAKOM (3)
FOTO PRA DAN KONSOLIDASI RAKOM (6)
Foto Kegiatan Baksos JRKY, Sabtu -8 Okt 2011 (1)
Foto Kegiatan Baksos JRKY, Sabtu -8 Okt 2011 (2)
Foto Kegiatan Baksos JRKY, Sabtu -8 Okt 2011 (3)
Ibu Nunuk Parwati (MMTC-JRKY)
Ketua JRKY menandatangani MoU
Ketua JRKY bersama Ibu Nunuk parwati
Ketua Yay Damandiri menandatangani Mou
Pengurus JRK foto bersama di Hotel Santika
Peserta utusan dari JRKY di Malang Jatim
foto bersama setelah menandatangani Mou
**************************************************************************************************

Tantangan Komisioner Baru KPID

Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi yang banyak menghadapi persoalan penyiaran, dari proses perizinan, isi siaran, sampai pengelolaan lembaga penyiaran. Kemunculan persoalan itu karena tingginya animo masyarakat mendirikan lembaga penyiaran (radio dan televisi) tidak sebanding dengan ketersediaan kanal/frekuensi.

“Banyaknya aduan dan masukan mengenai isi siaran, adalah bukti masyarakat Jawa Tengah sadar media”

Selain itu, kemenguatan kesadaran masyarakat akan kebutuhan siaran yang sehat dan mendidik, dan persaingan radio dan televisi yang makin kompetitif. Berbagai persoalan dan isu strategis pada bidang penyiaran di Jateng menjadi tantangan komisioner baru KPID, yang kini menjalani proses perekrutan.

Persoalan dan isu strategis ke depan terangkum dalam tiga perspektif kewenangan KPI/ KPID sesuai amanat UU Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran. Pertama; pengelolaan dan pelayanan struktur sistem penyiaran. Persoalan klasik dalam proses perizinan pendirian radio dan televisi adalah lamanya waktu perizinan. Secara normatif butuh waktu 270 hari untuk radio dan 450 hari untuk televisi.

Namun berdasarkan pengalaman, waktu yang dibutuhkan lebih dari itu sehingga tidak memberikan kepastian hukum, serta menjadi tak efisien dan tak efektif dalam konteks pelayanan publik. Lamanya proses perizinan disebabkan karena banyak instansi yang terlibat dalam perizinan radio dan televisi.

Masyarakat juga harus diedukasi mengenai realitas bisnis radio dan televisi yang padat modal. Bisnis dalam dunia penyiaran kelihatan begitu menjajikan. Faktanya tidak sedikit pengusaha yang tidak berhasil menjalankan bisnis ini. Apabila memahami risiko bisnis lembaga penyiaran diharapkan tidak akan asal mengajukan permohonan izin  tanpa modal kuat dan strategi bisnis matang.

Kedua; pembinaan dan pengawasan isi siaran. Isu dan persoalan yang menarik dalam bidang ini adalah ke­menguatan perhatian masyarakat terhadap program siar­an. Banyaknya aduan dan masukan, baik melalui SMS, email, surat, media massa, bahkan disampaikan secara langsung adalah bukti masyarakat kita sadar media.

Persoalan isi siaran yang masih menjadi keresahan publik antara lain siaran yang tidak ramah anak dan perempuan, iklan pengobatan alternatif, siaran dakwah radio komunitas yang mengedepankan perbedaan, berita/sinetron kekerasan, dan infotainment secara berlebihan mengenai artis.

Ketiga; penguatan kelembagaan, yaitu KPID dan kelembagaan lembaga penyiaran. Komisi itu  sebagai independent state regulatory body harus mengefektifkan pelaksanaan kewenangan, fungsi, tugas pokok, dan kewajibannya untuk sebesar-besarnya kepentingan masyarakat dan pengembangan lembaga penyiaran.

Penguatan lembaga penyiaran membutuhkan kerja keras dan cerdas untuk mendorong menjadi industri yang sehat dan menjanjikan. Butuh komunikasi dua arah antara KPID dan pemilik lembaga penyiaran. Selain itu, harus menerapkan langkah tepat mengingat di Jateng terdapat radio yang dikelola mandiri dan yang tergabung dalam grup raksasa.

Peningkatan Kompetensi

Kita bisa menyebut grup CPP, RCM Radionet, Idola, Rasika, Gajahmada, Thomson, PRSSNI, MNC, Sonora, dan beberapa yang tergabung dengan grup di Jakarta. Kondisi SDM pengelola radio dan televisi juga masih memerlukan pentingkatan kompetensi dan pengalaman.

Saat ini, di Jateng ada 191 radio FM swasta berizin, 41 LPP lokal radio, 10 televisi SSJ, 3 LPP/LPP lokal televisi, 11 televisi swasta lokal, 2 televisi komunitas, 45 radio komunitas, 6 televisi kabel, dan ribuan radio ilegal. Keseluruhan lembaga penyiaran tersebut perlu dorongan agar menjadi industri yang sehat, kuat, dan banyak menyerap SDM lokal.

Banyaknya persoalan dan isu strategis menjadi tantangan bagi komisioner baru KPID. Harapannya terpilih komisioner yang memiliki visi jelas, terukur, dan terarah untuk menata dan memajukan penyiaran. Komisioner terpilih harus memiliki kemampuan, dedikasi, integritas, dan loyalitas dalam bidang penyiaran. Seleksi komisioner yang selektif adalah awal membangun provinsi ini melalui penyiaran. (10)

Sumber berita: http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/09/16/

 
Badan Hukum JRKY
Pendapat anda tentang Badan Hukum untuk Jaringan Radio Komunitas Yogyakarta (JRKY)
 
Who's Online
We have 50 guests online
Diskusi
___________________________ Obrolan/Diskusi seputar Perkembangan/Kemajuan Rakom. Komentar yang melanggar norma etika, kesusilaan, menyinggung SARA, menimbulkan konfrontasi,dll akan DIHAPUS

LINK Situs Iklan akan DIHAPUS

Pengunjung
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday98
mod_vvisit_counterYesterday82
mod_vvisit_counterThis week358
mod_vvisit_counterLast week455
mod_vvisit_counterThis month1805
mod_vvisit_counterLast month5483
mod_vvisit_counterAll days3694730

We have: 50 guests online
Your IP: 54.225.59.14
 , 
Today: Sep 19, 2018
Yogyakarta Tempo dl
image