Portal Live Streaming
Berita KPK
Jogja Siaga Bencana
 
FOTO BAKSOS BANTUAN AIR BERSIH DI WILAYAH KEC
FOTO BAKSOS BANTUAN AIR BERSIH DI WILAYAH KEC
FOTO BAKSOS BANTUAN AIR BERSIH DI WILAYAH KEC
FOTO BAKSOS BANTUAN AIR BERSIH DI WILAYAH KEC
FOTO BUBER JRKY 2012 (1)
FOTO BUBER JRKY 2012 (2)
FOTO BUBER JRKY 2012 (3)
FOTO BUBER JRKY 2012 (4)
FOTO BUBER JRKY 2012 (5)
FOTO BUBER JRKY 2012 (6)
FOTO KEGIATAN JRKY DI KONGRES II JRKI (1)
FOTO KEGIATAN JRKY DI KONGRES II JRKI (2)
FOTO KEGIATAN JRKY DI KONGRES II JRKI (3)
FOTO KEGIATAN JRKY DI KONGRES II JRKI (4)
FOTO KEGIATAN JRKY DI KONGRES II JRKI (5)
FOTO KEGIATAN JRKY DI KONGRES II JRKI (6)
FOTO KONSOLIDASI RAKOM JRKY (1)
FOTO KONSOLIDASI RAKOM JRKY (10)
FOTO KONSOLIDASI RAKOM JRKY (2)
FOTO KONSOLIDASI RAKOM JRKY (3)
FOTO KONSOLIDASI RAKOM JRKY (4)
FOTO KONSOLIDASI RAKOM JRKY (5)
FOTO KONSOLIDASI RAKOM JRKY (6)
FOTO KONSOLIDASI RAKOM JRKY (7)
FOTO KONSOLIDASI RAKOM JRKY (8)
FOTO KONSOLIDASI RAKOM JRKY (9)
FOTO PRA DAN KONSOLIDASI RAKOM (1)
FOTO PRA DAN KONSOLIDASI RAKOM (2)
FOTO PRA DAN KONSOLIDASI RAKOM (3)
FOTO PRA DAN KONSOLIDASI RAKOM (6)
Foto Kegiatan Baksos JRKY, Sabtu -8 Okt 2011 (1)
Foto Kegiatan Baksos JRKY, Sabtu -8 Okt 2011 (2)
Foto Kegiatan Baksos JRKY, Sabtu -8 Okt 2011 (3)
Ibu Nunuk Parwati (MMTC-JRKY)
Ketua JRKY menandatangani MoU
Ketua JRKY bersama Ibu Nunuk parwati
Ketua Yay Damandiri menandatangani Mou
Pengurus JRK foto bersama di Hotel Santika
Peserta utusan dari JRKY di Malang Jatim
foto bersama setelah menandatangani Mou
**************************************************************************************************

Konvensi Posdaya

Hari Sabtu (12/1) , telah digelar Konvensi Posdaya se-Provinsi Jawa Timur di UIN Maliki (Maulana Malik Ibrahim) Malang, Jawa Timur. Penyelenggaraan konvensi itu difasilitasi oleh Rektor UIN Maliki Prof Dr H Imam Suprayogo, Ketua LPPM Universitas Merdeka Malang Prof Ir Agus Suprapto, MSc, PhD, dan Ketua LPPM UIN Maliki Dr Hj Mufidah Ch, MAg, yang selama ini bekerja keras membangun jaringan posdaya di Malang Raya dan kabupaten sekitarnya. Sekitar 4.000-5.000 pengurus posdaya diharapkan hadir dengan membawa contoh kegiatan dan produk-produk unggulan hasil kemasan keluarga miskin yang sedang berjuang memperbaiki keadaannya.

Berbeda dengan konvensi di Graha Saba Pramana UGM Yogyakarta, konvensi kali ini akan dihadiri pula para pimpinan posdaya berbasis masjid. Ini mengingat jumlah masjid yang mendirikan posdaya di Jawa Timur sangat banyak. Mereka tentu tidak mau ketinggalan ikut memamerkan keberhasilannya, menjadikan masjid sebagai pusat pemberdayaan jemaah dan keluarganya. Para santri masjid tidak saja bergerak di masjid, tetapi juga menjadikan masjid sebagai pusat pemberdayaan dan menyebar ke desa-desa di sekitar masjid.

Yang menarik, dalam perkembangannya masjid berbasis posdaya sekaligus menyediakan bibit tanaman untuk program kebun bergizi. Mereka juga membagi alat-alat permainan edukatif bagi pendidian anak usia dini (PAUD) di kampung-kampung sekitar masjid. Masjid-masjid macam itu menyediakan tenaga-tenaga muda pengajar sebelum PAUD-nya mendapat tenaga pendidikan yang memenuhi syarat.

Sekaligus menjadi pusat sukarelawan untuk mengikuti berbagai jenis pelatihan TOT (training of trainer) penghasil guru mengaji yang mahir memberikan pelajaran tentang kehidupan duniawi (life skills) sesuai ajaran kitab suci Al-Qur'an.

Konvensi juga akan mengetengahkan pengalaman mahasiswa ketika mengikuti program kuliah kerja nyata (KKN) tematik posdaya serta kegiatan mereka saat bergabung dalam sukarelawan mengembangkan posdaya. Ada perkembangan terbaru, yakni mereka mampu menghasilkan pengikut generasi muda eks sukarelawan KB yang mendalami pelajaran reproduksi. Mereka juga mengarahkan perhatiannya untuk mempelajari delapan fungsi keluarga, meliputi fungsi keagamaan, budaya, cinta kasih, perlindungan, kesehatan dan KB, pendidikan, wirausaha, dan lingkungan.

Kiprah mereka mampu memberi manfaat bagi setiap keluarga yang sedang membangun. Keikutsertaan generasi muda juga merangsang generasi tua untuk berpartisipasi dalam konvensi dan tidak segan-segan menyediakan rumahnya sebagai pusat pengembangan posdaya di daerahnya.

Kebersamaan tiga generasi itu dalam kegiatan posdaya dicerminkan lewat partisipasi aktif mereka dalam konvensi yang, insya Allah, akan dihadiri Menko Kesra Dr HR Agung Laksono serta pejabat kementerian dalam koordinasinya. Beberapa perwakilan lembaga PBB diundang dan diharapkan mengirimkan wakilnya untuk menyaksikan kiprah penyelesaian target MDGs secara mandiri melalui pembangunan berbasis keluarga.

Konvensi itu akan diikuti dengan deklarasi pengembangan posdaya di berbagai kabupaten Jawa Timur dan sekaligus memantapkan upaya mengisi kegiatan posdaya. Antara lain, dengan kegiatan ekonomi kerakyatan yang mementingkan kebersamaan, khususnya lewat peluncuran tabungan dan Kredit Mikro Tabur Puja. Program itu memberi kesempatan kepada keluarga miskin melalui kesepakatan tanggung renteng menabung dan memperoleh kredit usaha ekonomi produktif melalui kesepakatan tanggung renteng. Konvensi diharapkan ikut mengantar kebangkitan keluarga sejahtera di Indonesia. ***

Sumber berita: http://www.suarakarya-online.com

 
Badan Hukum JRKY
Pendapat anda tentang Badan Hukum untuk Jaringan Radio Komunitas Yogyakarta (JRKY)
 
Who's Online
We have 47 guests online
Diskusi
___________________________ Obrolan/Diskusi seputar Perkembangan/Kemajuan Rakom. Komentar yang melanggar norma etika, kesusilaan, menyinggung SARA, menimbulkan konfrontasi,dll akan DIHAPUS

LINK Situs Iklan akan DIHAPUS

Pengunjung
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday390
mod_vvisit_counterYesterday159
mod_vvisit_counterThis week1947
mod_vvisit_counterLast week2586
mod_vvisit_counterThis month13470
mod_vvisit_counterLast month23612
mod_vvisit_counterAll days3661209

We have: 46 guests, 1 bots online
Your IP: 54.167.62.170
 , 
Today: Feb 21, 2018
Yogyakarta Tempo dl
image