Portal Live Streaming
Berita KPK
Jogja Siaga Bencana
 
FOTO BAKSOS BANTUAN AIR BERSIH DI WILAYAH KEC
FOTO BAKSOS BANTUAN AIR BERSIH DI WILAYAH KEC
FOTO BAKSOS BANTUAN AIR BERSIH DI WILAYAH KEC
FOTO BAKSOS BANTUAN AIR BERSIH DI WILAYAH KEC
FOTO BUBER JRKY 2012 (1)
FOTO BUBER JRKY 2012 (2)
FOTO BUBER JRKY 2012 (3)
FOTO BUBER JRKY 2012 (4)
FOTO BUBER JRKY 2012 (5)
FOTO BUBER JRKY 2012 (6)
FOTO KEGIATAN JRKY DI KONGRES II JRKI (1)
FOTO KEGIATAN JRKY DI KONGRES II JRKI (2)
FOTO KEGIATAN JRKY DI KONGRES II JRKI (3)
FOTO KEGIATAN JRKY DI KONGRES II JRKI (4)
FOTO KEGIATAN JRKY DI KONGRES II JRKI (5)
FOTO KEGIATAN JRKY DI KONGRES II JRKI (6)
FOTO KONSOLIDASI RAKOM JRKY (1)
FOTO KONSOLIDASI RAKOM JRKY (10)
FOTO KONSOLIDASI RAKOM JRKY (2)
FOTO KONSOLIDASI RAKOM JRKY (3)
FOTO KONSOLIDASI RAKOM JRKY (4)
FOTO KONSOLIDASI RAKOM JRKY (5)
FOTO KONSOLIDASI RAKOM JRKY (6)
FOTO KONSOLIDASI RAKOM JRKY (7)
FOTO KONSOLIDASI RAKOM JRKY (8)
FOTO KONSOLIDASI RAKOM JRKY (9)
FOTO PRA DAN KONSOLIDASI RAKOM (1)
FOTO PRA DAN KONSOLIDASI RAKOM (2)
FOTO PRA DAN KONSOLIDASI RAKOM (3)
FOTO PRA DAN KONSOLIDASI RAKOM (6)
Foto Kegiatan Baksos JRKY, Sabtu -8 Okt 2011 (1)
Foto Kegiatan Baksos JRKY, Sabtu -8 Okt 2011 (2)
Foto Kegiatan Baksos JRKY, Sabtu -8 Okt 2011 (3)
Ibu Nunuk Parwati (MMTC-JRKY)
Ketua JRKY menandatangani MoU
Ketua JRKY bersama Ibu Nunuk parwati
Ketua Yay Damandiri menandatangani Mou
Pengurus JRK foto bersama di Hotel Santika
Peserta utusan dari JRKY di Malang Jatim
foto bersama setelah menandatangani Mou
**************************************************************************************************

Perhatian pada SDM Posdaya

Sampai hari ini di seluruh Indonesia telah terbentuk tidak kurang dari 20 ribu pos pemberdayaan keluarga (Posdaya). Sebagai ujung tombak gerakan masyarakat mandiri (Gemari), Posdaya umumnya dibentuk melalui kuliah kerja nyata (KKN) tematik Posdaya oleh berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Ada yang berbasis desa, dukuh, RT dan RW, lembaga masyarakat serta banyak pula yang berbasis Masjid atau tempat ibadah lainnya. Pendirian dan pembinaannya bervariasi, antara lain melalui para sukarelawan mahasiswa dan dosen pembimbingnya, juga banyak oleh aparat petugas lapangan pedesaan di berbagai kabupaten dan kota.

Pembinaan itu utamanya dilakukan untuk meningkatkan kekompakkan antar anggota pengurus menjadi satu kekuatan team yang saling mendukung, karena berbagai kegiatan forum silaturahmi Posdaya adalah untuk menyegarkan upaya gotong royong dalam suatu team yang kokoh dan kuat. Lebih dari itu, pembinaan dilakukan untuk menyinkronkan keterpaduan dari berbagai lembaga pedesaan yang pada umumnya bergerak dengan baik, tetapi masih menganut orientasi sektoral, agar secara bertahap berkembang menjadi lembaga yang setiap komponennya memadukan kegiatannya menjadi satu arahan pencapaian MDGs.

Untuk itu pembentukan dan pembinaan Posdaya sebagian disiapkan sebagai pusat pelatihan bagi pengurus Posdaya lainnya. Karena sifatnya sangat luas dan tersebar, maka diusahakan agar di beberapa kabupaten bisa terbentuk Posdaya sebagai pusat pelatihan yang secara sukarela mau dan mampu menempatkan dirinya sebagai pusat pelatihan bagi Posdaya lain atau bagi anggota pengurus Posdaya lainnya.

Di Pacitan misalnya, mulanya hanya ada satu Posdaya Siti Padmirah di Pucangsewu, yang kegiatan utamanya PAUD dan penitipan anak balita, dikembangkan menjadi pusat pe-latihan untuk mengisi ke-giatan Posdaya lainnya. Karena kegiatan utamanya PAUD, maka kegiatan pelatihan yang dilakukan pertama kali adalah pelatihan para guru PAUD, agar menjadi PAUD yang juga berfungsi memberi petunjuk kepada orang tua anak balita untuk berlatih keterampilan dan bekerja keras agar ekonomi keluarganya bertambah baik.

Pelatihan lanjutan yang diselenggarakan PAUD Siti Padmirah adalah pengolahan ikan bagi anggota Posdaya di daerah pantai, utamanya anggota Posdaya yang berasal dari keluarga miskin dan memiliki anak balita. Pelatihan ini diperluas dengan pelatihan bagi anggota Posdaya yang mempunyai tambak, bukan saja di daerah pantai tetapi tambak ikan tawar yang hasilnya bukan saja dijual, tetapi diolah menjadi abon, kripik, naget dan hasil olahan lain. Pelatihan-pelatihan itu akan ditambah dengan pelatihan jenis usaha lain yang menarik perhatian anggota dan menguntungkan usaha mereka. Karena itu, setelah pelatihan, bekerja sama dengan Bank UMKM Jatim dan Bank BPD Jatim diberikan kesempatan mendapatkan kredit usaha agar usahanya berkembang lebih besar dan lebih lancar.

Di masa depan berbagai kegiatan pelatihan akan diselenggarakan untuk meningkatkan mutu pengelolaan Posdaya dan sekaligus softskills bagi para anggota dengan kesediaan untuk mampu mempergunakan modal kerja untuk membuka usaha. Bank UMKM Jatim dan Bank BPD Jatim di Pacitan telah menyediakan dana yang cukup, agar mereka yang dilatih memperoleh pinjaman dengan bunga yang layak dan syarat dipermudah agar keluarga yang sekarang masih miskin bisa secara gotong royong membuka usaha bersama keluarga yang lebih mampu.

Melihat animo masyarakat Pacitan yang sangat besar, dan telah berhasil membuat 2030 Posdaya sampai ke desa dan pedukuhan, bahkan di Kecamatan Kebonagung dan Sidoharjo telah berhasil memasuki tahapan final dalam lomba tingkat provinsi untuk pemberdayaan keluarga, maka akhir tahun lalu telah diresmikan Pusat Pelatihan Posdaya Sejahtera di Sidoharjo. Pusat pelatihan posdaya ini dilengkapi dengan peralatan yang cukup canggih biarpun sederhana agar para peninjau atau pengikut pelatihan yang datang dari berbagai daerah menikmati kegiatan Posdaya di Kecamatan itu.

Di pusat pelatihan posdaya ini dapat dilihat secara lengkap prototipe Kebun Bergizi, kolam ikan yang dibalut dengan terpal agar tidak memakan air yang banyak, peralatan pertemuan lengkap dengan sound system dan proyektornya, contoh-contoh hasil kegiatan yang tersebar di sepanjang kampung pedesaan, dan dekat dengan kegiatan masyarakat yang bervariasi serta kegiatan pemuda yang menyatu dengan rakyat banyak.

Kegiatan-kegiatan masyarakat itu dengan mudah dapat ditinjau oleh setiap peserta pelatihan, karena semuanya nampak mirip laboratorium hidup yang dikelola dengan baik oleh keluarga kaya bersama keluarga miskin setempat. Ada pula warung-warung keluarga miskin yang omsetnya tidak lebih dari Rp 200 ribu sehari dan ada pula "pabrik-pabrik keluarga" yang hasilnya dapat mencukupi kebutuhan menyekolahkan anak sampai ke tingkat perguruan tinggi. Dinamika masyarakatnya sangat tinggi, sehingga tahun lalu masuk dalam nominasi untuk ditentukan sebagai salah satu juara pembangunan di tingkat pedesaan pada level provinsi.

Mengingat banyaknya warung di desa dan dukuh, pada pusat pelatihan posdaya ini secara mandiri sedang menyiapkan warung yang akan menjadi induk bagi warung-warung di desa. Diharapkan, biarpun kecil, warung di pusat pelatihan ini bisa menjadi semi grosir yang melayani warung di desa dan pedukuhan lainnya. Apabila diperlukan Bank UMKM Jatim dan Bank BPD Jatim di Pacitan telah bersedia memberikan pinjaman bagi kelompok masyarakat yang akan mengelola warung tersebut, maupun warung-warung keluarga yang dibentuk di desa dan pedukuhan.

Kedua pusat pelatihan yang ada di Pacitan sedang dikoordinasikan untuk bekerja sama dengan beberapa SMK, agar guru-guru dan anak-anak SMK setempat dapat melatih dan kalau perlu ikut pelatihan menjadi penjaga dari warung atau pengelola produk yang dihasilkan oleh rakyat banyak anggota Posdaya. *** Haryono Suyono

Sumber berita: http://www.suarakarya-online.com/news.html?id=318715

 
Badan Hukum JRKY
Pendapat anda tentang Badan Hukum untuk Jaringan Radio Komunitas Yogyakarta (JRKY)
 
Who's Online
We have 23 guests online
Diskusi
___________________________ Obrolan/Diskusi seputar Perkembangan/Kemajuan Rakom. Komentar yang melanggar norma etika, kesusilaan, menyinggung SARA, menimbulkan konfrontasi,dll akan DIHAPUS

LINK Situs Iklan akan DIHAPUS

Pengunjung
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday160
mod_vvisit_counterYesterday332
mod_vvisit_counterThis week938
mod_vvisit_counterLast week630
mod_vvisit_counterThis month2173
mod_vvisit_counterLast month2762
mod_vvisit_counterAll days3697860

We have: 23 guests online
Your IP: 54.224.56.126
 , 
Today: Oct 19, 2018
Yogyakarta Tempo dl
image